Artikel Terbaru

8 Jenis Ikan Tetra Sangat Populer Untuk Aquascape

blog-perantau Jenis ikan ini identik dengan warna kulitnya yang kebiru-biruan dan hanya tumbuh sampai 1-2 inci saja panjangnya. Ikan hias ini biasnya hidup di air yang lembut atau air yang tenang. Ikan tetra sering ditemukan area sungai di Amerika Selatan.

Hal unik dari ikan ini suka bersembunyi di bebatuan,akar-akar dan tanaman. Ikan ini suka memakan larva,serangga keci,pelet ikan dan cacing darah. Ikan ini juga sering berkelompok bermain dan melakukan penjelajahan dengan ikan lainnya.

Baiklah disini saya akan berbagi sedikit tentang jenis ikan tetra ke teman scaper dan penghobi ikan hias lainnya.

                              8 Jenis Ikan Tetra Sangat Populer Untuk Aquascape

1. Neon Tetra Jumbo

Neon tetra jumbo merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari bagi penghobi ikan hias dan penghobi aquascape. Jenis ikan sangat cocok untuk peghuni aquascape karena tidak merusak tanaman atau memakan tanaman-tanaman. Ikan ini memiliki kulit tubuh yang biru dengan ekor yang sedikit kemerah-merahan. Ikan ini hidup dan berkembang biak dengan baik di air yang jernih dan sedikit terkena cahaya.Kalau untuk ternak ikan ini sangat bagus di tempat  yang sangat gelap untuk mempercepat pembuahan dan sekali-kali diberikan pencahayaan.


2. Tetra Kardinal

Jenis tetra ini berbeda dengan ikan tetra jumbo.Untuk membedakannya perhatikan bagian warna kulitnya saja. Kalau Tetra Kardinal berwarna biru terang dan ada sedikit garis merah panjang di bagian bawah dan bagian punggungnya. Panjang pertumbuhan ikan ini biasanya kurang lebih 1.75 inci saja. Kalau ingin memelihara ikan ini sebaiknya digabung dengan ikan yang  damai atau tidak agresif di dalam 1 aquarium. Untuk berkemabang biak tetra kardinal membutuhkan tingkat dh 1.5 dan tingkat ph 5.5 serta cahaya yang rendah. Jenis ikan ini akan hidup sehat di arus air yang lembut atau tenang.

3. Rummynose Tetra

Variasi ini Tetra ikan sangat indah karena percikan merah dan ekor bergaris-garis hitam dan putih. Jenis ikan ini tidak agresif dan dapat tumbuh dengan panjang maksimum 1,5 inci.Sama seperti ikan tetra lainnya jenis ikan ini hidup sehat di perairan bergerak lambat dan lebih suka di sekitar tanaman aquascape. Untuk berkembang biak ikan ini harus dipindahkan di aquarium yang kecil dan kebutuhan airnya sedikit asam. Jika sudah telur ikan sudah menetas sebaiknya benih atau anaknya dipindahkan ke aquarium yang lain. Khusus aquarium untuk anaknya saja untuk menghindari dari ikan indukanyang mau memakan ikan yang masih kecil.

4. X-Ray Pristella Tetra

X-Ray Pristella Tetra adalah jenis sangat indah sebagai penghuni aquascape. Jenis tetra ini biasanya tumbuh dengan panjang maksimum 1,5 inci. Pristella Tetra memiliki berbagai warna dibagian badannya termasuk biru, hijau, kuning dan merah, dan sehingga disebut sebagai  "X-Ray" karena terlihat transparan. X-Ray Pristella Tetra tidak seperti tetra lainnya. Pristella Tetra benar-benar sangat tahan terhadap banyak jenis air seperti air sedikit asin.

5. Black Tetra Neon

Tetra Neon hitam adalah salah satu jenis Tetra ikan kecil seperti  biasanya tumbuh maksimum 1,25 inci panjang. Jenis tetra ini sangat indah berkat warnanya hitam dengan garis dari berbagai nuansa warna hijau sepanjang sisinya.Sama Seperti ikan tetra lainnya, Tetra Neon hitam perlu dipelihara dalam kondisi air tenang dan dalam satu aquarium yang ikannya tidak agresif.

6. Glowlight Tetra


Glowlight Tetra Jenis Tetra ikan dapat tumbuh hingga 2 inci panjang dan memiliki indah warna seperti merah dan oranye. Ketika lampu aquarium dimatikan, maka ikan ini mengeluarkan  sinar dalam kegelapan, membuat isi akuarium sedikt bercahaya. Glowlight Tetra dapat dipelihara dalam airsedikit lembut dan asam, namun cukup tahan dan dapat cepat beradaptasi di air yang berubah parameter airnya.

7. Red Eye Tetra

Tetra mata merah termasuk jenis ikan terbesar dari jenis tetra lainnya dan dapat tumbuh hingga panjang 3 inci. Karena ukurannya besar jenis tetra ini dapat tumbuh baik di aquarium yang besar.

Tetra mata merah adalah ikan yang sangat  tahan banting yang tidak memerlukan air yang  lembut atau asam.Ikan ini dapat hidup dengan baik di berbagai jenis air  parameter. Jenis ikan ini sangat termasuk ikan yang tidak agresif sama seperti ikan2 lainnya. Makanan favorit ikan ini adalah serangga kecil atau binatang planktonik kecil.

8. Diamond Tetra

Tetra diamond termasuk jenis ikan yang memilik warna lebih condong perak berlian dan warna merah yang memantulkan cahaya menjadikannya berkilauan seperti berlian di dalam air yang cerah.

Diamond Tetras sangat damai dan hidup sehat di di aquarium yang besar serta Diamond Tetras sangat bagus jika di aquarium anda banyak tanaman, batu, dan tempat-tempat lain untuk menyembunyikan diri dari serangan ikan -ikan lain yang sedikit agresif.

Sedikit pepatah dan tips khusus. Di dalam air yang sehat, terdapat pula ikan yang sehat, asssiiikkkkk.  Melihat ikan yang yang aktif bergerak memang mengasikkan di pandang. Jadi kalau anda ingin melihat ikan banyak bergerak bukan berarti memberi pakan ikan yang berlebih supaya ikan anda bergerak rebutan makanan dan kejar-kejaran dengan ikan yang lainnya adalah suatu kesalahan sangat fatal dalam aquascape.

Mengapa bisa fatal ? Karena pakan ikan juga mempunyai kandungan, jadi kalau berlebih maka makanan ikan yang tidak habis akan mengendap bisa di pasir, di filter dan lain-lain. Akibatnya air aquarium akan menjadi tidak sehat bahkan bisa menumbuhkan hama air yang dapat membuat ikan hias kutuan.

Baik lah teman-teman scaper, cukup sekian kali ini pembahasan tentang 8 Jenis Ikan Tetra Sangat Populer Untuk Aquascape semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Silahkan share ke teman-teman penghobi ikan hias dan penghobi aquascape lainnya. Salam aquascape.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Jenis Ikan Tetra Sangat Populer Untuk Aquascape"

Posting Komentar